Pembuatan pakan ternak Babi dan Ayam yang berlangsung di Desa Namoriam Sabtu, 18 Mei 2019 oleh anggota Gereja GBKP Namoriam dengan Narasumber Staf YAK GBKP Silvia Agnes Yolani Barus seorang ahli dibidang Perternakan.

    Adapun yang dilakukan dengan memberikan materi tentang:

    1. Pembuatan pakan ternak babi. Jenis makanan tambahan untuk babi yang bisa dimanfaatkan dari lingkungan sekitar seperti : Lantaro (Pete Cina) yang tinggi akan protein dan bisa menangani mencret pada babi, kacang-kacangan, manggot (belatung), limbah sayur/buah dan pakan kering.
    2. Pembagian jumlah pakan babi untuk: Babi Starter (awal) usia 1 bulan, Pakan babi Growe (penggemuk) usia 2-4 bulan dan Pakan Babi Finisher (indukan) diatas usia 4 bulan.
    3. Pembuatan Jus Ternak. Untuk meningkatkan nafsu makan pada ternak (babi)
    4. Pembuatan Silase, yaitu pengawetan bahan pakan memalui proses fregmentasi yang menghasilkan kadar air yang tinggi. Bahan utama pembuatan silase adalah: rumput, dedak, gula merah/molase dan air secukupnya.
    5. Pembuatan Prebiotik untuk jamu ternak.

    Setelah melakukan pendidikan, narasumber bersama dengan peserta melakukan praktek langsung dengan meracik semua bahan-bahan yang telah disediakan.

    RELATED ARTICLES

    Menerima Staf Baru

    Yayasan Ate Keleng/ Partisipasi Pembangunan Gereja Batak Karo Protestan (YAK/PARPEM GBKP) adalah yayasan yang dengan cita-cita luhur turut mengabdi tanpa pamrih dan secara nirlaba bagi seluruh umat manusia. Yayasan ini mempunyai maksud dan tujuan di bidang sosial. Sejak berdirinya YAK/PARPEM GBKP memfasilitasi gerakan sosial dengan memberdayakan komunitas,  khususnya…

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *